Pontianak Post
|
Home | Metropolis | Polda Gerebek Gula Ilegal.

Polda Gerebek Gula Ilegal.

Sita 2,5 Ton
By
Ket Photo: Ilustrasi dari utama.seruu.com
Font size: Decrease font Enlarge font

PONTIANAK—Kepolisian Daerah Kalimantan Barat kembali menggerebek gudang gula ilegal di kawasan Pasar Mawar jalan Hos Cokroaminoto Pontianak Kota, Sabtu dini hari kemarin. Sedikitnya 2,5 ton gula beserta penanggung jawab gudang digiring ke Mapolda Kalbar.Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalbar, AKBP Mukson Munandar mengatakan gula tersebut berasal dari Thailand dengan merk Kasert yang rencananya akan dipasarkan ke Singkawang. “Kemarin kita mendapat laporan bahwa anggota Subdit I Reskrimsus Polda Kalbar mengamankan 50 karung gula asal Thailand tanpa dokumen milik PD Cahaya Pangan atas nama Among di salah satu gudang di Pasar Mawar,”kata Mukson, kemarin.Dikatakan Mukson, gula produk Thailand itu, saat ini telah disimpan di gudang Tahti (Tahanan dan Barang Bukti) Polda Kalbar untuk proses lebih lanjut. “Sementara untuk penanggungjawabnya kita mintai keterangan,”lanjut Mukson.

Pengungkapan gula ilegal ini sudah kesekian kali terjadi. Bahkan menurut data kasus yang ditangani, Polda Kalbar sudah menyita sedikitnya 458.25 ton gula ilegal yang diselundupkan dari pintu perbatasan selama Januari-Juli 2013. Selain itu, polisi juga menangkap 99 tersangka dan barang bukti berupa 15 unit truk, 11 mobil pikap, dan tiga unit kapal.Dikatakan Mukson, gula ilegal yang disita merupakan hasil dari tangkapan seluruh jajaran Polda Kalbar, baik polres maupun polsek. "Kebanyakan gula ilegal ini berasal dari Malaysia. Di mana gula tersebut akan dipasarkan ke tempat pasar yang ada di Kalbar,”katanya.
Ditanya tentang oknum polisi yang terlibat, Mukson mengatakan, bisa jadi ada oknum polisi terlibat dalam penyelundupan gula ilegal ini. “Pastinya sesuai dengan instruksi Polda Kalbar, siapa pun oknum polisi yang terlibat dalam kasus gula ilegal akan ditindak tegas,” tegasnya.Menurutnya, bukan hanya oknum masyarakat yang ditindak tegas, tetapi semua pihak termasuk polisi, TNI, dan instansi lain akan mendapat perlakuan sama. “Mengapa kita harus menindak dengan tegas siapa yang terlibat dalam kasus gula ilegal ini, karena telah melanggar UU Konsumen dan sangat merugikan masyarakat Kalbar,” tuturnya.
Dia menambahkan, sebagian kasus gula ilegal itu masih dalam proses penyelidikan, dan persidangan. Bahkan, sebagian lainnya telah selesai proses hukumnya. “Jadi yang namanya kasus barang ilegal baik gula, narkoba dan sebagainya, menjadi fokus utama yang harus dikerjakan oleh kepolisian, sesuai dengan perintah dari Kapolri,” pungkasnya.Sementara itu Tim Terpadu Monitoring Gula Ilegal yang yang dibentuk oleh Gubernur Kalbar memberikan apresiasi kepada aparat kepolisian yang terus mengungkap peredaran gula ilegal.
Ketua Asosiasi Pengusaha Gula dan Tepung Terigu (Apegti) Kalbar, Sy Usman Al Mutahar yang juga anggota Tim Terpadu Monitoring Gula Ilegal Kalbar mengatakan penggerebakan yang dilakukan pihak kepolisian bersama Tim Terpadu berawal dari informasi masyarakat, kemudian ditindak lanjuti dengan penyelidikan. “Saat digerebek anggota kepolisian beserta Tim Monitoring menemukan sebanyak 50 karung gula ilegal dengan berat per karung 50 Kg,” ungkap Sy Usman, kemarin.
Menurutnya 50 karung gula ilegal bermerk Thailand sudah diamankan pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan. Pemilik gula ilegal tersebut berisinisial AM, di mana selain barang bukti, AM juga diamankan. Ia menjelaskan dengan penangkapan yang dilakukan Polda Kalbar ini, setidaknya dapat menekan angka peredaran gula ilegal yang masuk dari negara jiran melalui wilayah perbatasan. “Penangkapan yang dilakukan Polda Kalbar ini patut kita apresiasi dan masyarakat harus mendukung langkah yang dilakukan agar negara tidak dirugikan oleh para pengedar maupun pelaku yang menjadi bos dari peredaran gula ilegal di Kalbar ini,” katanya.(arf)


Subscribe to comments feed Comments (1 posted)

avatar
Replicas Relojes 23/11/2013 08:05:36
Yamin menegaskan jika pelanggaran tersebut yang sudah jelas-jelas dilakukan yang dapat dibuktikan dari saksi dan barang bukti tidak diproses oleh instansi yang bertanggungjawab
total: 1 | displaying: 1 - 1

Post your comment

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha
  • Email to a friend Email to a friend
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Tagged as:

Polda Gerebek Gula Ilegal.

Rate this article

0
BACA SELANJUTNYA