Pontianak Post
|
Home | Metropolis | Harga Ayam Turun

Harga Ayam Turun

By
Ket Photo: Suryaman
Font size: Decrease font Enlarge font

MENJELANG Idul Adha 2013 harga daging ayam mulai mengalami penurunan. Turunnya antara Rp1.000-2.000 rupiah di tingkat pedagang eceran. Suryaman, Ketua I Asosiasi Agribisnis Perunggasan (AAP) Kalimantan Barat menuturkannya kepada Pontianak Post. ”Harga daging ayam sudah turun sejak kemarin. Mudah-mudahan bertahan sampai menjelang hari raya kurban,” ungkapnya Minggu (6/10) di Pontianak

Menurut dia penurunan harga daging ayam potong memang bervariasi. Jelang Idul Adha tahun 2013 biasanya juga tergantung mekanisme pasar. Apabila persediaan daging ayam sedikit sementara permintaan banyak harga diprediksi naik. Begitu pula sebaliknya apabila persediaan banyak permintaan sedikit harganya juga akan turun. ”Hanya untuk stok di pasar-pasar tradisional Kalimantan Barat dipastikan cukup bahkan banyak,” ujarnya.
Sekarang ini, lanjutnya, harga daging ayam yang turun dijual berbeda. Untuk ayam kecil dengan berat antara 9 ons sampai 1,2 kilogram dijual Rp25 ribu per kilogram. Ayam kategori besar dengan berat 1,2 sampai 2 kilogram ke atas dijual Rp27.000 perkilogram. ”Biasanya ayam besar buat hotel, restoran, dan rumah makan,” tuturnya.Dia menambahkan kembali biasanya menjelang H-4 dan H-3 Idul Adha tahun 2013 stok ayam akan dikeluarkan. Selain ayam broiler juga ayam merah (ayam apkir) karena permintaan tinggi. Hanya kepada masyarakat diminta tetap tenang karena stok Idul Adha tetap aman. ”Stok cukup dari suplai para peternak lokal Kalbar,” ungkap dia.
Pada kesempatan tersebut Suryaman juga meminta kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalbar untuk waspada. Soalnya ayam potong jenis broiler asal Kalimatan Tengah rupanya sudah merambah ke pasar-pasar tradisional di Kalbar.“Ayam dari Kalteng sebenarnya tidak diperbolehkan karena izin karantina dan peternakan hewan tidak ada. Ayam-ayam tersebut diprediksi masuk ke Kalbar melalui jalur tikus dari jalur darat tanpa pemeriksaan lembaga berwenang. Kita banyak info dan keluhan para peternak,” ujarnya.
Kata Suryaman malahan banyak transaksi ayam asal Kalteng terjadi di wilayah Tayan Kabupaten Sanggau. Selanjutnya ayam tersebut dibawa ke Bodok dan Meliau masih di Kabupaten Sanggau. Para peternak khususnya di Kabupaten Ketapang malahan sudah melakukan audiensi ke AAP Kalbar beberapa waktu lalu terkait ayam asal Kalteng ini. ”Ya mereka mengeluh karena ayam illegal dari Kalteng masuk ke Kalbar. Dan kami dari asosiasi memberikan apresiasi tinggi kepada petugas karantina, imigrasi, angkatan darat dan kepolisian yang saling bekerja sama. Kita juga salut atas langkah Kapolda Kalbar baru banyak menangkap barang-barang illegal,” ungkap Suryaman.(den)

Subscribe to comments feed Comments (1 posted)

avatar
Replica Watches UK 22/11/2013 14:49:36
Disinggung indikasi hilangnya barang bukti tersebut, Arie mengaku belum bisa membeberkannya dengan rinci. Secara teknis, jelasnya, penyidik adalah petugas berwenang
total: 1 | displaying: 1 - 1

Post your comment

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha
  • Email to a friend Email to a friend
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Tagged as:

Harga Ayam Turun

Rate this article

0
BACA SELANJUTNYA