Pontianak Post
|
Home | Pro Kalbar | Singkawang | Ciptakan Pilkada Aman

Ciptakan Pilkada Aman

By
Ket Photo: DAMAI : Enam Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pontianak, beserta Forkompinda mendeklarasikan Pilkada damai di Kabupaten Pontianak.Wahyu Ismir/Pontianak Post
Font size: Decrease font Enlarge font

MEMPAWAH-Dalam menghasilkan Pemilukada Kabupaten Pontianak yang aman, dibutuhkan partisipasi dan komitmen semua pihak. Tak hanya tim dan relawan calon, namun termasuk juga diantaranya masyarakat. Demikian disampaikan Kapolres Mempawah, AKBP Hadi Poerwanto, pada saat deklarasi kesepakatan damai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pontianak periode 2014 – 2019 di Aula Rupatama Mapolres Mempawah, Selasa (27/8). Kegiatan tersebut dihadiri unsur Forkompinda dan ke enam pasang calon didampingi puluhan tim dan simpatisan serta pendukung. Meskipun berjalan cukup alot, namun pembahasan draf kesepakatan yang dipimpin Kasatbinmas Polres Mempawah, AKP Gatot Poerwanto, berjalan lancar dan tertib.

 

“Proses Pilkada yang aman pasti diharapkan semua pihak.  Namun dalam mewujudkan itu semua, disamping komitment yang dibuat masing-masing calon bupati dan wakil bupati beserta timnya, dibutuhkan pula peran serta masyarakat, jangan sampai terprovokasi dengan suatu kondsi tertentu, sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban lingkungan,” jelas dia.

Kesepakatan yang dilaksanakan pasangan calon tersebut, lanjut Kapolres, diharapkan disampaikan kepada pendukung hingga ke pelosok desa. Sehingga kemanan yang diharapkan akan dirasakan di seluruh wilayah Kabupaten Pontianak.“Jadi kesepakatan damai ini harus disebarluaskan. Sehingga penerapannya dapat dilaksanakan hingga ke desa-desa,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Pontianak, Ria Norsan, mengimbau agar pada Pilkada dan pemilu lainnya yang dilaksanakan di Kabupaten Pontianak dapat berjalan dengan politik santun, dengan tidak menggunakan isu SARA serta menjatuhkan pihak lain dengan tindakan tidak terpuji.

“Dengan demikian, kita sama-sama menjaga kondisi Kabupaten Pontianak yang kondusif. Kalaupun ada permasalahan, dapat dibicarakan dengan jalur musyawarah. Siapapun yang terpilih, mari kita dukung untuk kemajuan Kabupaten Pontianak,” tuturnya.Ketua KPU Kabupaten Pontianak, Munir Putra, menambahkan bahwa keamanan dan ketertiban selama Pilkada tak lepas dari dua hal, diantaranya kesadaran pasangan calon dan tim pendukung itu sendiri serta ketegasan pihak penyelenggara dalam pelaksanaan pemilu.

“Apabila kedua hal tersebut telah dilaksanakan, maka akan dijamin proses Pilkada dapat berjalan lancar, tanpa ada hambatan yang berarti. Mari kita wujudkan, sebab tentunya ini merupakan keinginan kita bersama,”  pungkas dia.(wah)

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha
  • Email to a friend Email to a friend
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Tagged as:

Pilkada

Rate this article

0
BACA SELANJUTNYA

Satu Orang Mundur

Singkawang
Thursday, 22 August 2013 - 07:01 WIB

Kisruh Rapat DPRD Diwarnai Ajakan Duel

Singkawang
Friday, 16 August 2013 - 08:56 WIB